Senin, 13 Desember 2010

EBN

Problem :
Apa saja hal yang dapat meningkatkan kemampuan otak ?

Intervensi :
1.Dengan makan – makanan yang bergizi
2.belajar setiap hari secara rutin

Comparation :
Penelitian yang dilakukan oleh Cynthia Green, PhD, founder and director of the Memory Enhancement Program at Mount Sinai School of Medicine in New York City and author of Prevention’s new Brainpower Game Plan book menunjukkan bahwa apa yang anda makan adalah salah satu pengaruh paling kuat pada kemampuan otak anda sehari-hari.

Berikut adalah makanan dan minuman yang dapat mengembangkan otak menurut Cyntia Green

1. Lemak ikan
Ikan berlemak seperti salmon, tuna, mackerel dan sarden merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Disarankan sebaiknya mengkonsumsi lemak ikan sebanyak tidak lebih dari enam ons dalam seminggu.

2. Sayuran hijau
Salad, brokoli, tomat, wortel, bayam, labu, kembang kol, kubis dll adalah merupakan sayur-sayuran yang mengandung antioksidan seperti vitamin C dan senyawa tanaman yang disebut karotenoid yang berguna untuk meningkatkan kemampuan otak. Makanlah sayuran setiap hari dan selalu sediakan sayur-sayuran di tengah meja makan anda.

3. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

4. Avocad, biji-biji dan kacang-kacangan
Avocad, biji-biji dan kacang adalah makanan yang semuanya mengandung antioksidan penting yaitu vitamin E. Dalam suatu studi, peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi vitamin E dapat membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

5. Cokelat
Banyak yang mengira mengkonsumsi cokelat hanya akan menambah lemak dan membuat badan gemuk. Namun penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi dark chocolate (70% kakao) itu mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan lain sebagai peningkatan akan kesehatan otak. Makanan lain yang kaya akan flavonoid adalah apel, anggur, bawang, teh dan bir.

6. Berry
Strawberry, cherry, blueberry dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Oatmeal
Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan setiap orang untuk mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium, glukosa dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

8. Alkohol
Memang terdengar aneh, karena banyak pendapat yang menyatakan bahwa minum alkohol tidak baik untuk kesehatan. Namun beberapa dokter menunjukkan bahwa peminum alkohol dapat mengurangi tingkat penyakit jantung. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah kecil juga dapat melindungi jantung dan otak serta mencegah penyumbatan di pembuluh darah. Disarankan hanya meminum tidak lebih dari satu gelas alkohol per hari untuk melancarkan peredaran darah.

9. Air
Tidak ada yang dapat mengalahkan kandungan yang terdapat pada air. Setiap sel di dalam tubuh manusia membutuhkan air untuk berkembang dan tak terkecuali pembentukan sel-sel otak anda. Diketahui bahwa ¾ otak manusia adalah terdiri dari air. Penelitian di Ohio University menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi air dengan cukup tiap harinya memiliki kemampuan otak yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi cukup air putih. Minumlah air sebanyak enam sampai delapan gelap tiap harinya. (*/OL-06)

Evaluasi :
Makanan yang dapat mengembangkan kemampuan otak adalah lemak ikan , sayuran hijau , telur , avocad dan biji kacang-kacangan,coklat , berry , oatmeal , alkohol dan air. Serta belajar setiap hari secara rutin perlu dilakukan agar otak kita meningkat kemampuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar